Thursday, April 2, 2015

Inilah Tips Senam Jari Saat Belajar Bermain Gitar

sumber : http://4.bp.blogspot.com

























Hai kawan ! makasih udah mau mampir ke blog yang sederhana ini . Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang Senam Jari /Fingering Gitar . ok let's check it out...


Apa Sih Senam Jari / Fingering itu ?


Mungkin sudah tak asing bagi kawan yang sudah terbiasa main melodi gitar / Lead Guitarist dan kawan pasti tau betapa pentingnya fingering ini . Seperti Halnya sang atlet ,pemain gitarpun membutuhan Warming up / pemanasan pada tangan kiri dan kanannya . Tapi bagi kawan yang tidak tau dan ingin tau Nah wajib disimak nih .

Senam Jari/Fingering adalah proses paling dasar dalam bermain gitar dengan melatih posisikan jari-jari tangan kiri pada fretboard dengan akurat dan melatih picking tangan kanan . Tujuannya meregangkan dan melemaskan jari-jari tangan kiri kawan yang kaku dan melatih sinkronasi picking tangan kanan dengan jari-jari tangan kiri kawan .

Adapun alat bantu yang biasa dipakai untuk senam jari sebagai berikut .

fingering gitar
sumber : Google

Ya... Handgrip . Kenapa Hand Grip ? Karena dengan alat ini otot-otot tangan kawan jari-jari terlatih secara keseluruhan . 


fingering
Sumber :http://www.thextensor.co.uk



Xtensor adalah suatu alat yang mempunyai fungsi yang sama seperti hand grip



Fingering senam jari
sumber : http://www.prohands.net


Grip Master sudah sering dipakai oleh para gitaris . Fungsinya untuk melatih otot satu persatu jari kawan . Dan alat ini juga dipercayai untuk melatih speed dalam bermain gitar .

Inilah hal-hal yang harus diperhatikan


Fokuslah dan katakan "Saya bisa"



Fokus senam jari


Lakukan secara terus menerus fokus pada apa target kawan ,kalo kawan ingin bermain gitar secepat Yngwie Malmsteen ,main sebersih Paul Gilbert ,main Tapping kaya Eddie Van Halen ya berlatih lah terus toh Yngwie aja bisa sejago itu jadi kenapa kawan tidak ? Mereka semua manusia bukan alien atau makhluk luar angkasa.

Mood itu sangat berpengaruh





Lakukan saat mood kawan sedang bagus kala fingering ,disaat emosi kawan sedang stabil . semakin tenang semakin mudah juga senam jari ini . Mood jelek biasanya membuat jadi malas *saya suka alami ini . Jadi lakukanlah dengan senang hati . Jaga mood itu hingga kawan menyelesaikan jadwal waktu senam jari kawan .

Disiplin 





Ini yang suka terlupakan . Disiplinlah dengan apa yang kawan lakukan hindari keluar dari aturan senam jari . Lakukan sebersih mungkin . Hindari rasa terburu-buru ingin cepat bisa dan bermain cepat. Lalui step per stepnya ,main dengan tempo terlambat dahulu ,naikan sedikit demi sedikit temponya . Ingatlah ini proses yang harus dilalui, kawan sekolah pun dari SD dulu kan ga langsung ke tiba-tiba ke SMA .


Senam jari itu kebutuhan bukan kewajiban





Mulai hari ini ubah mindset kawan tentang senam jari . Senam jari bukan lah suatu kewajiban ,tp kebutuhan untuk seorang gitaris . Dengan begitu kawan akan jauh dari rasa bosan dengan senam jari .

Coba jawab pertanyaan ini . Apakah kawan pernah merasa bosan dengan makan dan minum ? that's right ,pasti ga akan pernah . tapi kalo pernah ,maaf kawan :( kayanya kawan ada di alam yang salah . ahahaha .

Kawan makan dan minum tiap hari ga pernah merasa bosan sedikitpun ,karena otaknya kawan merespon 2 hal itu adalah kebutuhan kawan . Sama halnya dengan senam jari ,dengan kawan menempatkan senam jari sebagai kebutuhan ,maka kawan akan jauh dan semakin jauh dari rasa bosan melakukan senam jari .


Spend your little money for a helpful gear ,its absolutely worth it






Pakailah alat bantu seperti gripmaster ,itu akan sangat membantu melatih kekuatan jari-jari kawan . Karena dengan alat bantu tersebut sedikitnya akan menghilangkan rasa bosan dan rasa jenuh kawan terhadap gitar dan yang paling penting adalah memberi latihan ekstra pada tangan kawan.


Bersahabat dengan metronome



metronome adalah teman


Bersahabatlah dengan alat yang satu ini ,dengan kawan terbiasa dengan metronome kawan akan membuat kawan disiplin dengan tempo suatu lagu . Awali dari tempo yang terlambat yang kawan bisa dulu ,naikan tempo sedikit demi sedikit misalnya 20 bpm setiap menaikan tempo .


Amati, Tiru ,Modifikasi



amati tiru modifikasi


Lihat Video Para Dewa Gitar di Youtube Video-Video Gitaris yang kawan kagumi . Supaya kawan termotivasi untuk bisa seperti dia . Amati dia ,Tiru dia ,Dan yang terpenting adalah Modifikasi dengan gaya bermain gitar kawan . untuk penjelasan lengkap tentang poin ini silakan baca postingan saya dengan cara klik disini

Baca juga ini kawan pasti sangat bermanfaat Tips Efektif Untuk Belajar Gitar Melodi


Ok sekian untuk postingan kali ini . Semoga Bermanfaat , Terima Kasih

Jika ilmu ini bermanfaat jangan lupa share di Facebook atau Twitter kawan ya . Caranya dengan klik logo yang ada di bawah ini

No comments:

Post a Comment