Wednesday, April 1, 2015

Inilah Tips Efektif Untuk Belajar Gitar Melodi Dengan Mudah

Tips Efektif Untuk Belajar Bermain Gitar Melodi


skill gitar


Haii kawan balik lagi nih hihiihi pada postingan kali ini saya akan bahas tentang tips paling efektif untuk meningkatkan skill bermain gitar melodi dengan mudah . yukkk mariii...




Bagi kawan yg sudah bisa main gitar biasanya selalu ada rasa pengen bisa juga main melodi atau istilah kerennya nge-lead . Karena belum pantas disebut keren kalo seorang gitaris ga bisa main melodi .

Sebenarnya untuk bisa jago main gitar itu jawabannya ada pada diri kita sendiri ,se-fokus apa kawan pengen bisa ? se-serius apa kawan ngulik dari A-Z ? se-disiplin apa kawan latihan ? se-kuat apa kawan menghindari rasa ingin mengeluh/bosan ?  nah coba jawab itu dengan jawaban sederhana saja.

Kawan pasti tau Paul Gilbert kan ?

Beliau aja pernah mendapat masalah saat dulu belajar gitar katanya beliau sangat bermasalah dengan teknik Alternate picking-nya (sumber : www.guitarhabits.com) . Tapi karena beliau fokus ,terus belajar dan belajar pada akhirnya beliau menjadi salah satu dewa gitar yang dunia punya saat ini . Menurut saya beliau lah pemain gitar terbersih dan tercepat di muka bumi ini dan faktanya beliau pun mendapatkan kesulitan dalam proses belajarnya .



belajar gitar
Paul Gilbert







Ikutilah kemajuan teknologi


Tape Deck

Sekarang adalah era teknologi semua bisa di dapatkan dengan mudah malahan dimudahkan . Cerita dikit ya ,kata para senior gitaris terutama yang eksis di tahun 90an . Mereka kalo ngulik lagu yang melodi gitarnya rumit itu hanya menggunakan sebuah Tape Deck dan sebuah kaset pita yang berisi lagu yang akan diulik .

Dan apa yang mereka lakukan ?

Mereka memfokuskan pendengarannya pada lagu lalu memutar lagu berulang-ulang dengan rewind - play - rewind - play  dan terus begitu hingga mereka mengusai benar lagu yang mereka ulik. Bayangkan ! Mereka ngulik sebuah lagu hanya dengan menggunakan pendengaran mereka .

Sulit bukan ? :(

Bayangkan kalo lagu yang di uliknya punya Van Halen atau Yngwie Malmsteen . ihhh ngeri . eitttt ... tunggu . Hebatnya, banyak juga lho yg berhasil ngalahin lagu-lagu super rumit oleh orang-orang di jaman itu . Jadi jangan salah ,gitaris-gitaris pada jaman itu pasti pada lebih hebat di masa sekarang ,dengan dibantu dengan teknologi .

Dan "Selamat" untukmu kawan kita hidup di tahun 2015 yang udah dimudahin semuanya ,dunia aja bisa di genggam di tangan sekarang hanya dengan menggunakan internet menurut Google . Lihat video-video tutorial tentang gitar di Youtube ,sharing dengan sesama gitaris di lingkungan kawan atau via social media Facebook, Twitter ,dll




Pahami cara membaca Tablatur


Cara yang paling mudah menguasai suatu lagu adalah dengan membaca Tablatur

Mengapa tablatur ?

Ayolah kawan sekarang jamannya sudah berubah semuanya jadi mudah ,ga perlu lagi ribet pake tip deck sama kaset pita lagi . Bermodal kuota internet dan Cukup kawan lihat ,baca ,dan latihan . Kawan udah bisa nguasain lagu-lagu yang di anggap kawan rumit .

Pemahaman tablatur ini sangat disarankan terutama bagi kawan-kawan yg belajar secara otodidak (seperti saya) dan faktanya rata-rata pemain gitar yang otodidak tidak bisa membaca not balok .

Membaca tablatur itu suatu shortcut agar mudah dan cepat bisa menguasai suatu lagu secara mendetail . Semua bisa kawan ulik kalo kawan bisa baca tablatur . Lagu Dream Theatre, Avenged Sevenfold , bahkan Dragonforce pun bisa kawan ulik hanya dengan modal bisa baca tablatur . Jadi tunggu apa lagi ?


cara skill gitar mudah
Contoh Tablatur



Belajarlah dengan Guitar Pro





Ya ... dengan Guitar Pro bisa dengan mudah kawan menguasai suatu lagu ,bahkan yang rumit sekalipun .

Guitar Pro adalah software komputer yang bisa digunakan untuk membuat aransemen sebuah lagu dengan format MIDI . Software ini di lengkapi juga dengan Tablatur dan Not Balok sehingga akan mudah untuk mempelajarinya . Cara menggunakannya pun tidak sulit asalkan kawan sudah memahami cara membaca Tablatur . Fiturnya pun bagus yaitu bisa memperlambat tempo lagu jadi kawan bisa lebih mudah untuk mempelajarinya dan satu lagi fitur yang menarik adalah speed trainer-nya juga ,kawan bisa latihan kecepatan menggunakan software ini .

File-file guitar pro juga sangat mudah di dapatkan ,kawan bisa mendapatkannya disini 911tabs.com atau disini tabs.ultimate-guitar.com . Dan apabila kawan ingin men-download file guitar pro lagu-lagu Indonesia bisa kunjungi blog ini http://guitarproindo.blogspot.com/ . Kawan juga bisa request lagu juga lho . ntar sama Om Admin.nya di upload.in . hihihi

Siapa Gitaris terbaik menurut kawan ? Dan kawan adalah salah satu fansnya


skill gitar
John Petrucci

Siapa Gitaris favorit kawan ? istilahnya kiblat kawan main gitar ke siapa ? Banyak sekali nama-nama dewa gitar . Meskipun banyak, mereka mempunyai perbedaan . Yang membedakan adalah karakter ,apakah itu karakter orangnya ,karakter sound ,dan karakter cara bermain .

Kaya Yngwie Malmsteen dengan karakter gaya gothic ,karakter mainnya selalu bermain pada skala Harmonic Minor dan diminished . Steve Vai dengan aksi yang enerjik ,sound-sound gitarnya yang aneh ,dan nuansa lagu-lagunya yang memainkan emosi para pendengarnya . Itu lah yang membedakan mereka .

Gimana udah punya kiblat main gitar apa belum ?

Kalo kawan sudah punya . Bagus :D tunggu dulu sebentar ya .

Tapi bagi kawan yang belum punya . Carilah gitaris yang satu gaya bermain dengan kawan ,yang menurut kawan dia tuh gue banget dan gue pengen kaya dia . Ayo mulai cari ! sekarang banyak sekali gitaris hebat .

Nah setelah kawan punya Kiblat dalam bermain gitar .

Sekarang pahami kata-kata ini AMATI, TIRU ,MODIFIKASI .

AMATI dengan cara ngumpulin video dia saat dia live performance ,lagu-lagu mp3 dia kalo bisa yang solo gitar ,biasanya para dewa gitar punya lagu instrumental sendiri-sendiri . Lihat dan dengar cara dia bermain bagaimana ,karakter soundnya gimana ,teknik apa saja yang dia pakai terserah mau darimana saja sumbernya ,biasanya sih kalo video dari Youtube  .

TIRU apa yang dia mainkan . Apakah itu lick-nya ,pattern-nya ,dan teknik apa yang selalu dia pakai . Sekarang saatnya tirulah dia . gapapa ga akan ada yang bilang plagiat . tiru aja kawan demi suatu ilmu yang besar ,meniru apa salahnya ?

Nah yang terakhir adalah

MODIFIKASI pada fase ini akan jadi proses finishing dari pengamatan dan hasil meniru kawan yang diaplikasikan kawan pada permainan gitar kawan dan akan memunculkan jawaban ,apakah kawan akan menjadi plagiat atau tidak ?

Loh katanya ga apa-apa ditiru ?

Iya memang ga apa-apa buat niru . Tapi ada yang lebih baik-nya  yaitu me-modifikasi dan mengembangkan apa yang kawan tiru . Buat suatu ciri khas dengan karakter kawan lewat cara bermain gitar kawan . Sehebat apapun kawan nantinya kalo ga punya karakter sama juga boong .

Ingatlah kawan ! kawan ga akan pernah bisa sama dengan siapapun dan ga akan ada yang bisa niruin siapapun sedetail mungkin, karna Karakter setiap pemain gitar itu tak ada yang sama ,meskipun di sebut mirip . Kaya murid-muridnya Joe Satriani noh ,ga ada yang sama satupun . Mereka punya karakter sendiri-sendiri. Dan apakah kalian tau ? Beberapa Murid  Joe Satriani pada jadi dewa gitar lho kaya Steve Vai dan Kirk Hammet (metalica) (sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Joe_Satriani#Early_life) . Tapi apakah mereka sama dengan gurunya ? Jawab dengan jawaban sederhana  .


Pelajari gaya bermain ,pattern dan lick-lick dari gitaris-gitaris terkenal


Setiap gitaris pasti punya lick, pattern ,dan teknik favorit yang selalu di mainkan disetiap perform atau saat improvisasi sebuah lagu . Jadi kaya ciri khas gitu lah ,Contoh John Petrucci dia selalu main melodi di senar-senar gede pada gitar dan ketuk-ketukan nanggung 5/8 atau 7/8 njiiiiir gila dah dia pokonya . Joe Satriani dia selalu dengan teknik legato-nya sambil tangan kanan nutup senar di bagian neck gitar ,teknik two handed tapping-nya ,teknik mainin Whammy Bar-nya juga beuuuh bikin ngiler .

Noh liat gambar ! keren bukan ? Mau kaya gitu ? ayo belajar lebih giat kawan ,jadi mulailah cari referensi lick, pattern ,teknik apa yang kawan akan pelajari .

nanti saya update bagian ini untuk bahasan yang lebih mendalam . hehehe


Joe Satriani

Hindari LUPA terhadap Senam Jari / Fingering


Kenapa ? ini hal yang paling mendasar ,asli sangat dasar sekali . Semua skill kawan berasal dari sini kalo kawan sukses dalam fingering Insya Allah kawan akan sukses kedepannya dalam pendalaman ilmu gitar . Memang Senam jari ini membosankan tp effectnya sangat terasa sekali .

Sedikit tips tentang fingering ya .
  • Gunakan Metronome
  • Usahakan melakukan senam jari ,pikiran kawan harus dalam kondisi yg tenang dan emosi tidak sedang terganggu apapun (tidak sedang galau bahasa keren-nya mah ,hihhih)
  • Pelajari berbagai macam pola senam jari agar tidak bosan karena terpatok oleh 1 pola
  • Hindari rasa tergesa-gesa ,woles aja mulai dari yang termudah dahulu dan dari tempo yang paling pelan terlebih dahulu
  • ikhlas dan rido dalam menjalankan senam jari .
Ikhlas dan rido ? kenapa ? mau sedekah ? hihihih

Ikhlas dan Rido membuat semuanya menjadi menyenangkan dan ga ada unsur keterpaksaan utk menjalankannya ,jadi kawan ga akan bosan dengan senam jari . Buatlah senam jari itu suatu kebutuhan bukan keharusan .

Jawab pertanyaan ini !

Apakah kawan pernah bosan makan dan minum ? kan makan dan minum itu tiap hari , kenapa ga bosan ? hayooo .

pasti jawabanya TIDAK . kalo jawabannya IYA . maaf kawan ,kayanya kawan salah masuk blog deh :( artikel ini dibuat khusus untuk manusia . ahahaha

Apa alasannya ?

Karena makan dan minum adalah kebutuhan kawan . Sama halnya dengan senam jari kalo di jadikan kebutuhan insya Allah kawan ga akan pernah merasakan bosan sedikitpun . Beda halnya kalo kawan diharuskan untuk senam jari . beuuuuuuh pasti bosan tuh dan ga akan menikmati waktu saat kawan senam jari .

Mengerti ?

Bagus hihihihihi


Belajarlah Bahasa Inggris





Kenapa ? ko bahasa inggris ?

Heii kawan ... itu dewa-dewa gitar pake bahasa apa kalo berkomunikasi di forum atau di video klinik gitar online-nya di Youtube ? apakah mereka pakai bahasa sunda ? ahh kumaha ieu teh nyak ,da mamang Yngwie teh lain urang garut atuh :( hihihihi

Pasti TIDAK . Mereka pasti menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi . Sadarilah bahwa Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional ,bahasa yang berlaku dimana pun anda berada . Spend your little time for learn English ... It's absolutely worth it

Ikutilah forum-forum org luar terutama orang-orang yang sekolah gitar disana . Dan rajin liat di youtube pasti ada gitaris-gitaris dunia buka kelas gitar secara online . Dan pastinya mereka pake bahasa inggris piraku we nyunda mah ahahaha  . Mereka suka bongkar teknik, lick dan pattern yang menarik buat di pelajari .


Sekian posting kali ini . Semoga bermanfaat bagi kawan semua . Buat yang mau kasih komen atau sharing lebih  lanjut silakan . Sampai ketemu di posting saya beikutnya . Terima kasih .

Baca ilmu bermanfaat bagi kawan yang lainnya juga

Jika ilmu ini bermanfaat jangan lupa share di Facebook atau Twitter kawan ya . Caranya dengan klik logo yang ada di bawah ini

No comments:

Post a Comment